Mengenal Lebih Dalam Perbedaan Antara Asuransi Unit Link dengan Asuransi Dwi Guna (Endowment)

photo_nest-e1401746133529 (Custom)

Boleh dibilang, asuransi dwi guna adalah jenis asuransi yang sudah lama dipakai oleh masyarakat Indonesia. Asuransi ini hadir jauh lebih lama dari pada asuransi unit link. Biasanya asuransi dwi guna dipergunakan untuk merencanakan dana pensiun ataupun dana pendidikan.

Sebelumnya saya telah membahas secara singkat mengenai perbedaan antara asuransi unit link dan asuransi dwi guna. Artikel tersebut bisa dibaca di sini.

Ada 5 perbedaan antara asuransi unit link dan asuransi dwiguna (endowment), yaitu :

1. Perbedaan dari segi fokus asuransi

Asuransi dwi guna  lebih fokus pada tabungan atau simpanan dengan bonus asuransi jiwa. Sedangkan asuransi unit link lebih fokus pada asuransi jiwa dengan bonus nilai investasi.

Perbedaan fokus seperti itu menyebabkan nilai pertanggungan pada asuransi unit link lebih besar daripada nilai pertanggungan pada asuransi endowment. Artinya dengan nilai pertanggungan yang sama, jumlah premi asuransi endowment sedikit lebih mahal dari jumlah premi asuransi unit link.

 2. Perbedaan dari segi asuransi tambahan (rider)

Meski fokus pada tabungan, asuransi dwiguna tetap memiliki rider atau asuransi tambahan. Meski demikian jumlah rider pada asuransi dwiguna lebih sedikit daripada jumlah rider pada asuransi unit link.

Beberapa rider yang tidak ada pada asuransi dwiguna yaitu :

a. Asuransi terhadap penyakit kritis dari tahap awal, menengah, hingga tahap akhir (Early State Crisis Cover).

Ini adalah salah satu rider unggulan pada asuransi unit link. Rider ini memberikan 50 % uang pertanggungan apabila nasabah terkena sakit kritis stadium awal dan menengah. Kemudian 100 % atau 50% sisa uang pertanggungan akan diberikan apabila nasabah terkena sakit kritis stadium akhir.

b. Asuransi kesehatan reimburse (PRU Med Cover)

Rider ini sangat cocok bagi orang-orang yang sudah memiliki asuransi kesehatan cash less. Fungsi dari rider ini yaitu memberikan uang santunan apabila nasabah harus rawat inap, masuk ICU, ataupun menjalani tindakan operasi.

c. Fasilitas bebas premi jika pasangan terkena sakit kritis (PRU Spouse Payor)

Rider ini cocok untuk nasabah yang telah memiliki pasangan. Apabila pasangannya terkena penyakit kritis, maka ia akan dibebaskan preminya sampai usia 65 tahun.

Beberapa rider yang terdapat di asuransi dwiguna yaitu :

  1. PRU Medika Prima
  2. PRU Crisis Cover
  3. PRU Payor

Sebagai informasi tambahan, nilai uang pertanggungan rider pada asuransi dwiguna juga lebih kecil dari nilai uang pertanggungan rider pada asuransi unit link.

3. Perbedaan dari segi kesyariahan

Sejauh ini belum ada asuransi dwiguna dengan konsep syariah. Artinya akad yang dipergunakan untuk asuransi dwiguna adalah akad jual beli dengan konsep transfer risiko (risk transfer).

4. Perbedaan dari segi pilihan investasi

Mengingat asuransi dwiguna lebih fokus pada tabungan / simpanan, tidak pilihan media investasi di sini. Sedangkan meski asuransi unit link berfokus pada asuransi jiwa, namun adanya nilai investasi memungkinkan nasabah untuk memilih media investasi yang sesuai.

Beberapa pilihan alternatif media investasi pada asuransi unit link yaitu deposito, obligasi, dan saham. Hasil investasi ini belum bisa dinikmati setidaknya untuk lima tahun pertama. Sebab pada lima tahun pertama, premi nasabah banyak dipotong untuk biaya akuisisi.

5. Perbedaan dari segi nilai tunai

Nilai tunai pada asuransi unit link adalah hasil investasi. Oleh karena itu besar nilai tunainya tidak dijamin. Sedangkan nilai tunai pada asuransi dwi guna adalah tabungan sehingga nilainya sudah dijamin.

Prudential memiliki produk asuransi term life unggulan yaitu PRU Protector Plan. Penjelasan lengkap mengenai PRU Protector Plan. bisa dibaca di sini.

Hubungi agen asuransi terdekat anda.

Untuk konsultasi asuransi secara GRATIS, anda bisa menghubungi:

Nugroho Atma Hadi (Agen Asuransi Prudential Syariah)

HP/WA: 0813-12-832-850 | Email: nugrohoatma@gmail.com | Tinggal di Bandung Timur | Melayani pembuatan asuransi di Bandung, Jabodetabek, dan Kota-Kota Se-Indonesia

Baca juga artikel-artikel berkualitas di bawah ini.

Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Menutup Polis Asuransi

Makna Waktu dan Harga Penundaan

Blessing In Disguise : Hikmah Dibalik Sakit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s