Mencengangkan! Orang Masih Salah Kaprah Soal Asuransi Tentang Hal Ini

home-1353389_960_7202

Di artikel lainnya, saya telah menjelaskan perbedaan tentang asuransi dengan investasi murni. Artikelnya bisa dilihat di sini.

Karena lebih difokuskan pada sisi investasinya, orang beranggapan bahwa asuransi itu program jangka panjang. Mengapa bisa ada anggapan seperti itu? Sebab rata-rata orang  mengambil asuransi untuk program 10 tahun.

Ya, memang 10 tahun itu termasuk jangka panjang.

Lalu apa yang salah?

Satu hal yang perlu disadari, yang jangka panjang adalah periode pembayaran preminya. Namun nilai proteksi atau uang pertanggungan yang tertera pada polis itu termasuk program jangka pendek sampai menengah.

Loh kok bisa berbeda seperti itu?

Kita tidak pernah tahu kapan risiko kehidupan akan datang. Maka dari itu, semakin panjang periode pembayaran preminya akan semakin sebaik. Artinya, kita akan terproteksi untuk jangka panjang.

Meski demikian, nilai proteksi atau uang pertanggungan yang tertera pada polis akan semakin tergerus inflasi seiring berjalannya waktu.

Misalnya, seseorang membeli asuransi penyakit kritis dengan nilai uang pertanggungan sebesar 1 miliar rupiah. Saat ini mungkin uang 1 miliar rupiah bisa dipergunakan untuk membeli mobil sekelas Alphard. Tapi mungkin 5 sampai 10 tahun lagi, uang 1 miliar hanya bisa dipakai untuk membeli mobil sekelas Innova.

Contoh kasus lain. Seseorang membeli asuransi kesehatan dengan kelas kamar 1 juta rupiah perhari. Saat ini mungkin uang 1 juta perhari bisa mendapatkan kelas VIP. Namun mungkin 5 sampai 10 tahun lagi uang 1 juta hanya bisa mendapatkan kelas 2 atau bahkan kelas 3.

Seorang klien saya yang berumur 45 tahun pernah minta dibuatkan asuransi kesehatan untuk masa pensiunnya nanti di usia 55 tahun. Saat ini dia masih mendapatkan asuransi kesehatan dari kantornya. Dia minta dibuatkan asuransi kesehatan kelas VIP dengan plan 1 juta sehari. Dia tersadar ketika saya katakan bahwa mungkin plan 1 juta sehari hanya bisa mendapatkan kelas 2 atau kelas 3 di 10 tahun yang akan datang.

Akhirnya saya sarankan beliau untuk mengambil asuransi penyakit kritis saja. Asuransi penyakit kritis sangat berguna untuk memproteksi penghasilan beliau sampai saatnya pensiun nanti.

Kembali ke topik awal.

Mengingat nilai uang pertanggungan asuransi masuk ke dalam jangka menengah, sebaiknya anda meningkatkan / meng-upgrade nilai uang pertanggungan anda maksimal setiap 5 tahun sekali.

Asumsinya adalah setelah 5 tahun penghasilan anda sudah meningkat. Otomatis gaya hidup anda pun sudah berubah. Perubahan gaya hidup seyogyanya diikuti dengan perubahan nilai pertanggungan asuransi.

Contohnya. Saat ini pengeluaran anda dan keluarga anda 5 juta per bulan. Mungkin 5 tahun lagi pengeluaran anda dan keluarga sudah naik jadi 10 juta per bulan. Kenaikan pengeluaran bisa disebabkan oleh banyak hal. Misalnya ada tambahan cicilan tempat tinggal, kendaraan, dan lain-lain.

Dengan bertambahnya pengeluaran, dampaknya akan sangat fatal sekali jika anda atau keluarga anda kehilangan penghasilan sebagian atau bahkan total. Adanya asuransi menjaga agar anda dan keluarga anda tetap bisa menikmati gaya hidup yang sama meski apa pun yang terjadi.

Ada tiga jenis uang pertanggungan dari asuransi yang nilainya sebaiknya ditingkatkan

  1. Uang pertanggungan asuransi jiwa
  2. Uang pertanggungan asuransi sakit kritis
  3. Plafon atau kelas asuransi kesehatan

Jika ada keterbatasan dana, sebaiknya nilai uang pertanggungan mana yang ditingkatkan ?

Hemat saya, sebaiknya yang pertama ditingkatkan adalah nilai uang pertanggungan asuransi jiwa. Alasannya biaya asuransi asuransi jiwa cenderung lebih rendah dari asuransi lainnya. Dengan keterbatasan dana, anda tetap bisa mendapatkan kenaikan nilai uang pertanggungan jiwa yang signifikan.

Asumsinya di sini anda sudah mendapat asuransi kesehatan dari kantor dan anda sudah punya kewajiban untuk menanggung biaya hidup orang lain.

Di samping meningkatkan uang pertanggungan asuransi, bagi anda yang penghasilannya bertambah juga sebaiknya meningkatkan nilai investasinya. Bertambahnya nilai investasi akan sangat menguntungkan buat anda di masa depan.

Perencanaan keuangan yang cocok dipersiapkan melalui asuransi unit link salah satunya adalah perencanaan dana pensiun ataun dana pendidikan. Bila sebelumnya anda menginginkan punya tambahan uang pensiun sebesar 1 miliar, mungkin sekarang anda ingin punya tambahan uang pensiun sebesar 2 miliar.

Begitu juga dengan dana pendidikan. Saat ini dana pendidikan cenderung  naik setiap tahunnya. Apa yang direncanakan 5 tahun lalu mungkin sudah terasa perbedaannya di masa sekarang. 5 tahun lalu kita berpikir uang 100 juta sudah cukup untuk anak masuk kuliah. Namun sekarang mungkin itu sekarang kurang sehingga kita terpikir untuk menambahkannya.

Usia polis anda sudah 5 tahun?

Atau bahkan lebih ?

Belum 5 tahun tapi anda ingin meningkatkan uang pertanggungan polis anda?

Yuk saya siap membantu anda. Pertambahan nilai pertanggungan polis bisa lewat dua cara. Cara pertama adalah meningkatkan nilai pertanggungan di polis lama. Dan cara kedua adalah membeli polis baru lewat agen selain agen anda sekarang.

Cara kedua bisa jadi lebih baik. Dengan bertambahnya jumlah agen anda, otomatis semakin banyak agen yang bisa melayani anda.

Silahkan hubungi saya untuk konsultasi gratis

Nugroho Atma Hadi

Your Trusted Financial Advisor

Whatsapp & Phone : 085695848493

 

 

Advertisements

One thought on “Mencengangkan! Orang Masih Salah Kaprah Soal Asuransi Tentang Hal Ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s